Thursday, 25 January 2018

MENENTUKAN KOLOM ROW ID DENGAN SQLite


Ketika Anda membuat tabel tanpa menentukan opsi TANPA ROWID, SQLite menambahkan kolom tersirat yang disebut rowid yang menyimpan bilangan bulat bertanda 64-bit. Kolom rowid adalah kunci yang secara unik mengidentifikasi baris di dalam tabelnya. Tabel yang memiliki kolom rowid disebut rowid table.

Jika sebuah tabel memiliki primary key yang terdiri dari satu kolom, dan kolom yang didefinisikan sebagai INTEGER, tepatnya INTEGER dalam kasus apapun, seperti, INTEGER, integer, dll, maka kolom primary key ini menjadi sebuah alias untuk kolom rowid.

Perhatikan bahwa jika Anda menetapkan jenis bilangan bulat lain seperti: BIGINT, UNSIGNED INT, dll, ke kolom primary key, kolom ini bukan alias untuk kolom rowid.

Karena tabel rowid menyimpan data sebagai B-Tree, querying dan sorting data menggunakan rowid sangat cepat. Ini lebih cepat daripada menggunakan primary key yang bukan alias yang rowid.

Catatan penting lainnya adalah bahwa jika Anda mendeklarasikan kolom dengan tipe INTEGER dan klausul PRIMARY KEY DESC, itu tidak menjadi alias untuk kolom rowid.

0 komentar

Post a Comment