PESONA PANTAI SIUNG

Didaerah pesisir selatan yogyakarta, ada sederetan pantai yang panorama pemandangannya sangat indah. Salah satunya adalah pantai siung. Pantai siung terletak di kabupaten gunung kidul; yogyakarta. Panorama pantai siung benar-benar mempesona; dengan pasir putihnya, karang-karangnya, tebing-tebingnya, air lautnya yang jernih.. Selain itu, melalui event asian climbing gathering 2005 pantai siung telah menjadi salah satu kawasan panjat tebing yang semakin diminati pengunjung. Jalur panjat tebing di pantai siung bisa memuat 250 jalur, jadi kita bisa melalukan panjat tebing secara bersamaan. dan pada tahun 2008, telah diselenggarakan indonesia climbing gathering pada tanggal 29-30 agustus 2008 lalu. Sekalipun demikian, keasrian panorama pantai siung tetap terjaga.

Untuk bisa sampai ke pantai siung ini, saya ambil jalur utama, yaitu dari Yogyakarta -  Wonosari ke selatan (arah Pantai Baron) kurang lebih 9 km ada pertigaan di Desa Mulo (50m setelah kolam renang), kalau lurus ke arah Baron. Ambil yang ke Kiri Jurusan Mentel -  Bintaos - Tepus- Pertigaan Winangun/Nangun {depan Klinik), belok kanan langsung menuju pantai Siung. Total perjalanan dari Wonosari ke lokasi Pantai Siung kurang lebih 40 km, namun demikian waktu tempuh bisa agak lama sedikit karena kondisi jalan di beberapa tempat yang  agak sempit, berliku dan naik turun.
Karena pantai ini sangat terpencil, fasilitas yang tersedia mash sangat minim, hanya tersedia tempat parkir luas, toilet, dan warung. Untuk akomodasi hotel tidak tersedia di sini, tetapi jika Anda ingin bermalam di Pantai Siung, Anda bisa menggunakan pondok pemanjat yang bentuknya mirip rumah panggung dengan kapasitas kurang lebih sekitar 20 orang. Jika Anda ingin bermalam dengan suasana alam, Anda bisa membawa tenda sendiri yang bisa Anda gunakan di sekitar tebing-tebing.