BERSAMA MEMUTUSKAN RANTAI PENULARAN COVID-19

Apa itu Corona?...

Menurut situs WHO, virus corona adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Pada manusia corona diketahui menyebabkan infeksi pernafasan mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrme (SARS).


Jumlah kasus infeksi virus corona penyebab Covid-19 masih terus mengalami peningkatan di berbagai belahan dunia. Laju peningkatan, baik untuk jumlah kasus terinfeksi, kematian, maupun kesembuhan, berbeda-beda di setiap wilayah. Setiap negara juga memiliki kebijakan tersendiri untuk menahan penyebaran virus yang terjadi di wilayahnya. Menurut data yang dikumpulkan oleh John Hopkins University, hingga Senin (23/3/2020), total jumlah kasus Covid-19 di seluruh dunia telah mencapai 331.273 kasus, dengan 14.450 kematian, dan 97.847 pasien dinyatakan sembuh.

Hingga Minggu (22/3/2020), dilaporkan total pasien virus corona di Indonesia telah mencapai 514 orang.  "Sampai hari ini, pukul 12.00 WIB, ada penambahan 64 orang. Sehingga, total 514 orang," kata Juru Bicara Pemerintah Indonesia untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, Minggu (22/3/2020) sore. Dari 514 kasus tersebut, jumlah pasien meninggal dunia adalah sebanyak 48. Sedangkan pasien sembuh berjumlah 29.

Dalam kitab "Badz Al Maun - Ibnu Hajar Asqolani" menceritakan bahwa dahulu di Damaskus pada tahun 764 H. pernah terjadi wabah Tho'un/Plague kemudian banyak masyarakat yang tidak mengindahkannya (memperhatikannya) dan berkumpul di gurun untuk berdo'a serta beristighosah bersama pembesar negara, mereka menyamakannya dengan sholat istisqo', lalu apa yang terjadi?... Justru setelah kejadian tersebut korban semakin banyak.

Apa yang harus kita lakukan?...



Belajar dari Italia.
Di Italia :
Kasus pertama Covid-19 pada tanggal 31 Januari 2020.
Di hari ke-20 dinyatakan 21 kasus positif dan 1 meninggal dunia.
Di hari ke-50 dinyatakan 47.021 kasus Positif dan 4.032 meninggal dunia.

Di Indonesia :
Kasus pertama Covid-19 pada tanggal 1 Maret 2020.
Di hari ke-20 dinyatakan 450 kasus positif dan 38 meninggal dunia.
Di hari ke-50 : ???...

Oleh karena itu, mari semuanya kita bersama-sama melawan COVID-19 dengan cara yang bisa kita lakukan, Tim medis dengan cara mereka sendiri, sedangkan Kita cukup dengan melakukan himbauan-himbauan dari pemerintah, salah satunya melaksanakan Social distancing (jaga Jarak), Lockdown (tidak berpergian / dirumah saja).

Semoga Wabah ini segera berakhir, sebagai pengingat bagi kita semua agar semakin dekat dengan Rabb semesta alam, menjadikan iman dan taqwa kita semakin kuat, di berikan istiqomah dalam beribadah, aamiin ya robbal 'alamin.

Related Posts

Post a comment

Subscribe Our Newsletter